Teknik Dasar Permainan Sepakbola

Pada hakikatnya permainan sepakbola merupakan permainan beregu yang menggunakan bola sepak. Sepakbola dimainkan di lapangan dengan ukuran panjang 110-120 meter dan lebar 60-90 meter, oleh dua regu yang saling berhadapan dengan jumlah pemain tiap regu 11 orang dan salah satunya menjadi penjaga gawang. Tujuan permainan ini adalah pemain memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawannya dan berusaha menjaga gawangnya sendiri agar tidak kemasukan.
teknik dasar sepakbola meliputi passing, dribbling, shooting, stopping, dan heading. Teknik dasar sepakbola sangat penting untuk diberikan kepada siswa agar siswa tersebut mempunyai pengetahuan tentang sepakbola. Pengetahuan akan sepakbola juga sangat berpengaruh dalam mengembangkan bakat yang dimilikinya, dari sinilah watak, sifat, dan karakter bermain seorang akan terlihat saat permainan berlangsung.Agar Bisa Bermain Sepakbola Harus Bisa Menguasai Beberapa Teknik Diantaranya:
1. Menggiring Bola (Dribbling)
Ini merupakan teknik dasar yang wajib dikuasai sebelum menguasai teknik lainnya. Teknik menggiring bola atau dribbling dilakukan dengan cara membawa bola menggunakan kaki sekaligus mengontrol lajunya bola.
Menggiring dengan Punggung Kaki
Teknik menggiring dengan punggung kaki dilakukan dengan tahapan:
- Pandangan mata lurus ke depan.
- Taruh bagian dengan kakimu di ujung bola.
- Dorong bola dengan punggung kaki kamu.
- Lakukan beberapa kali, kemudian hentikan dengan telapak kaki.
Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam
Teknik kedua, menggiring dengan kaki bagaian dalam, teknik ini dilakukan dengan cara:
- Pandangan lurus ke depan.
- Putar pergelangan kaki ke luar.
- Kemudian mulai dorong bola dengan kaki bagian luar.
- Lakukan beberapa kali, lalu hentikan bola dengan telapak kakimu.
Menggiring dengan Kaki Bagian Luar
Teknik terakhir, menggiring dengan kaki bagian luar, cara melakukannya tidak jauh beda dengan menggiring dengan kaki bagian dalam. Lakukan step yang sama dengan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam.Tapi, kamu perlu memutar pergelangan kaki kamu ke dalam, dan dorong lah bolanya.
2. Teknik Menendang Bola (Shooting)
Teknik selanjutnya yang perlu dikuasai adalah teknik menendang. Teknik ini berguna untuk mencetak gol di gawang lawan Shooting bisa menggunakan tiga teknik tendangan, yaitu dengan menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam, dan punggung kaki. Ketiga teknik tendangan ini dapat kamu lakukan dengan cara fokuskan pandangan pada sisi gawang mana yang jadi target, posisikan badan, taruh satu kaki kiri/kanan pada samping bola.Kemudian ayunkan kaki yang dijadikan untuk menendang dengan memfokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki dan pandangan ke arah yang ditargetkan.
3. Teknik Mengoper Bola (Passing)
Passing akan sangat efektif untuk menembus pertahanan lawan. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara passing pendek, panjang atau through pass, dan jauh, yang lebih dikenal dengan sebutan umpan lambung.Teknik ini dilakukan dengan cara posisikan badan menghadap bola, fokus pada pemain yang akan kamu oper, kemudian tarik dan ayunkan kaki yang akan menendang bola menuju pemain tersebut, dan sesuaikan power kaki kamu sesuai jarak pemain yang akan dioper.
4. Teknik Menghentikan Bola(Stopping)
Setelah mempelajari tiga teknik dasar di atas, kamu juga perlu tahu cara menghentikan bola yang dioper padamu. Kamu bisa menghentikan laju bola menggunakan kaki, dada, dan paha. Untuk menghentikan bola dengan kaki, kamu bisa menggunakan kaki bagain luar, dalam, telapak, dan punggung.
Menghentikan Bola dengan Kaki
Caranya adalah dengan memfokuskan pandangan pada bola yang mengarah ke kamu, kemudian hentikan dengan bagian-bagian kaki tergantung arah datangnya bola. Setelah bola datang, pastikan kamu menjaganya dari gangguan musuh.
Menghentikan Bola dengan Dada
Kemudian, untuk menghentikan dengan dada, lakukan dengan fokuskan pandangan pada bola yang menuju ke arahmu, maju atau mundurkan badan, lebarkan kedua tangan dan dada, lalu tahan bola.
Menghentikan Bola dengan Paha
Selanjutnya, cara menghentikan dengan paha, kamu perlu melakukan sama seperti cara menghentikan bola lainnya, namun ketika bola datang, angkat satu kakimu, dan ketika menahan bola dengan paha. Perlu sedikit digerakkan agar bola dapat jatuh sempurna di depanmu.
5. Teknik Menyundul Bola (Heading)
Teknik ini digunakan ketika tidak bisa menggapai bola yang terlalu tinggi, dan pastinya untuk membobol gawang lawan, dan juga passing. Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk lompat menyambut bola.Kemudian gunakan lah dahimu untuk menyundul, bukan bagian ubun-ubun. Agar bisa mengarahkan bola sesuai keinginan dan bola akan meluncur dengan terarah dan bertenaga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebugaran Jasmani

HIV/AIDS